Kuliner Enak Thailand Tom Yum, Sup Udang Rasa Pedas Asam

Street food di Thailand merupakan surganya makanan yang diburu oleh banyak orang. Kira-kira apa saja kuliner hits Thailand yang wajib dicoba ketika sedang liburan? Tentu saja jawabannya ada banyak sekali kuliner yang tersaji di street food. Salah satunya adalah makanan khas Thailand yaitu Tom Yum.

Makanan ini cukup populer karena memang hits di Thailand. Menu makanan ini ternyata sudah ada sejak dulu dan juga terkenal di berbagai negara kaya33 Jika berlibur ke Thailand rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi seporsi Tom Yum asli Thailand. Meski sudah ada di Indonesia dan sudah tersebar resepenya sehingga bisa dibuat sendiri namun para traveler pastinya penasaran bagaimana rasa Tom Yum asli Thailand.slot deposit dana

Asal Mula Sup Tom Yum, Kuliner Thailand Paling Lezat

Beberapa catatan terkait makanan tradisional Thailand menyebutkan bahwa Tom Yum berasal dari Thailand Tengah. Pada wilayah tersebut tenyata memiliki banyak udang segar karena terletak dekat dengan sungan Chao Phraya. Kuliner enak Thailand ini tentu saja sudah ada sejak bertahun-tahun dan menjadi favorit.

Bahkan dengan pembuatannya yang sederhana membuat makanan ini cukup diminati banyak orang. Tidak hanya itu saja, selain udah dibuat ternyata Tom Yum juga memiliki cita rasa yang unik. Sampai sekarang pun Tom Yum diminati banyak orang dan dijual di street food Thailand.

Sejarah kepopuleran Tom Yum dimulai pada tahun 1997 dimana pada saat itu terjadi krisis finansial di Asia. Peristiwa tersebut berpengaruh hingga ke berbagai negara di Asia dan bermula dari negara Thailand. Sehingga banyak orang yang menyebut makanan ini adalah Tom Yum Goong Crisiss.

Setelah peristiwa tersebut pun kuliner yang memiliki rasa asam pedas dan nikmat ini begitu eksis. Sup Tom Yum terbuat dari bahan yang sangat sederhana yakni udang dan jamur. Kemudian bumbu yang digunakan adalah bawang putih, serai, kecap ikan, jaeh segar, hingga asam jawa, lengkuas, daun jeruk, tomat, bawang merang, dan cabai cincang.

Makanan yang sangat populer di Thailand ini sering disajikan bersama taburan daun ketumbar. Kuliner Thailand ini juga memiliki aroma yang segar karena taburan daun ketumbar yang segar. Meski rasanya asam dan pedas namun sup ini dinilai sehat karena menggunakan bahan segar dan tidak bersantan.

Tampilan dari sup Tom Yum memang kental dan keruh namun siapa sangka jika makanan ini tidak menggunakan santan. Hal inilah yang membuat sup inpi sehat dan tentunya tidak hanya berisi udang saja. Adapula tambahan daging ayam dan makanan laut lainnya.

Jenis-Jenis Sop Tom Yum

Sama halnya dengan jenis makanan khas Thailand yang lain, sup Tom Yum juga memiliki berbagai varian. Apa saja variannya? Simak penjelasan berikut ini tentang berbagai varian Tom Yum.

1. Tom Yum Kung Mahprao On Nam Khon

Salah satu varian Tom Yum yang satu ini memang agak berbeda jika dibandingkan dengan yang lainnya. Dari segi bahan dan isi bisa dibilang masing sama. Namun kuah yang digunakan nyatanya berbeda sebab varian kuliner hits Thailand ini menggunakan santan.

Rasa pedas dan asam akan berpadu dengan santan yang gurih. Sehingga kuliner ini lebih enak dan lezat apalagi dengan tambahan hidangan laut. Tidak hanya itu saja, sup dengan kuah santan juga begitu kental dan cocok jika dinikmati sebagai makanan utama. Meski begitu, para traveler bisa menemukan makanan ini di street food.

2. Tom Yum Po Taek

Varian selanjutnya adalah Tom Yum Po Taek yang wajib dicoba bagi Anda yang sangat menyukai seafood. Tentu saja tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap seafood. Selain udang, tentu saja ada banyak campur seafood lainnya yang menggugah selera.

Mulai dari cumi-cumi hingga ikan segar lainnya. Seafood memang sangat enak dan lezat jika dijadikan olahan. Tidah hanya untuk olahan goreng tetapi juga berkuah. Dengan tambahan seafood tentunya cita rasa Tom Yum juga semakin enak. Berbeda dengan varian sebelumnya, Tom Yum satu ini tidak menggunakan kuah santan.

3. Tom Yum Gai

Jenis selanjutnya adalah Tom Yum Gai yang juga berbeda dengan varian sebelumnya. Tom Yum identik dengan rasa kuah yang pedas dan asam. Selain itu, Tom Yum juga identik dengan bahan dasanya yakni udang dan beberapa tambahan seafood lainnya.

Namun berbeda dengan kuliner Thailand yang satu ini yang tidak menggunakan udang. Lalu bahan dasarnya menggunakan apa? Tentu saja menggunakan daging ayam. Bagi Anda yang alergi terhadap seafood namun ingin mengonsumsi Tom Yum maka varian ini bisa menjadi pilihan.

Tidak harus menggunakan udang, Anda yang ingin menggunakan ayam juga bisa membuat Tom Yum. Cara membuatnya pun hampir sama bahkan bumbu yang digunakan juga sama. Sehingga Anda bisa menikmati Tom Yum tanpa takut alergi.

4. Tom Yum Pla

Dengan citarasa pedas dan asam tentunya membuat nafsu makan bertambah. Namun tidak sedikit penikmat Tom Yum yang lebih memilih tidak menggunakan nasi. Hal ini dikarenakan Tom Yum memang nikmat jika dimakan tanpa nasi. Namun varian Tom Yum Pla menghadirkan cara lain untuk menikmati kuliner Thailand ini.

Pasalnya varian ini membuat penikmatnya bisa mengonsumsi Tom Yum dengan nasi. Rasa pedas dan asam nya memang cocok jika ditambah dengan nasi. Selain lezat, nyatanya juga bisa mengenyangkan perut. Namun jika Anda berbelanja di street food, pastinya lebih enak jika dimakan tanpa nasi.

5. Tom Yum Goong

Dari sekian varian diatas, Tom Yum Goong merupakan versi terpopuler, mengapa? Varian ini merupakan menu yang paling populer dan memang esksis kaya33 di kalangan para turis. Varian ini berbahan dasar udang tanpa campuran bahan lainnya dan tidak menggunakan santan.slot deposit dana

Meski memiliki banyak varian namun Tom Yum Goong masih saja menjadi yang paling populer. Makanan yang satu ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai restoran di Thailand. Dari berbagai varian diatas, kira-kira manakah Tom Yum favoritmu?

Berburu Kuliner Enak Thailand Tom Yum

Thailand memang menyajikan banyak sekali pilihan makanan. Mulai dari yang tradisional hingga modern bahkan berbagai varian hingga campuran modern dan tradisional juga tersedia. Menariknya, Tom Yum ini selalu digandrungi oleh para wisatawan.slot deposit dana

Hal yang paling menarik minat para turis adalah cita rasanya yang nikmat. Kemudian udang yang digunakan sudah pasti segar. Kemudian harganya kaya33 yang terjangkau bahkan bisa dijadikan sebagai lauk. Sup Tom Yum ini sangat nikmat jika dikonsumsi saat panas karena rasa pedas dan asamnya begitu terasa.

Kuliner hits Thailand lainnya juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Namun sayang jika tidak mencicipi Tom Yum asli Thailand ketika sedang berlibur ke negri gajah putih tersebut. Berburu Tom Yum bersama teman tentunya akan lebih nikmat terlebih lagi di jajaran street food Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Tips Mengembangkan Bisnis Agen Travel Jakarta Timur
Next post Deposit Mudah Lewat DANA di Situs Terpercaya KAYA33